Kamis , 05 Mar 2020 11:28:52
Update Virus Corona: Positif di 79 Negara, Lebih dari 50 Persen Pasien Sembuh


Penyebaran virus corona hingga Kamis (5/3/2020) pagi telah dikonfirmasi positif di 79 negara. Jumlah kasusnya mencapai 94.752 di seluruh dunia, dengan angka kesembuhan yang mencapai lebih dari 50 persen yakni sekitar 50.698. Adapun angka kematian mencapai 3.249 korban meninggal.

Berikut beberapa update seputar virus corona di dunia:

Gelaran olahraga di Italia tanpa penonton

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan, pertandingan sepak bola profesional dan acara olahraga besar lain akan berlangsung tanpa penonton hingga 3 April 2020. Melansir Aljazeera, hal ini bagian dari tindakan keputusan baru yang dikeluarkan pemerintah untuk mencegah penyebaran lanjutan dari virus.

Irak laporkan kematian kedua

Negara Irak melaporkan kematian keduanya di Ibu Kota Baghdad. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan dalam pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita negara tersebut. Kementerian Kesehatan Irak menyebutkan, pasien memiliki banyak riwayat penyakit kronis Melansir dari SCMP, pasien meninggal adalah seorang ulama berusia 70 tahun. Ia dikarantina di Kota Sulaimaniyah sebelum meninggal dunia. Kematian kedua diumumkan bahwa pasien berada di Baghdad dan disebut memiliki kekebalan yang lemah. Kini, jumlah kasus virus corona di negara itu adalah 26 kasus.

Arab Saudi laporkan kasus kedua

Seorang warga Arab Saudi yang melakukan perjalanan dari Iran melalui Bahrain dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Tidak dijelaskan kewarganegaraan pasien ini. Namun, ia berada di perusahaan yang sama dengan kasus yang pertama.

Kongres AS sepakat menyediakan 8,3 miliar dolar untuk atasi virus

Mengutip dari Aljazeera, anggota parlemen AS sepakat menyediakan 8,3 miliar dolar AS untuk bantuan darurat menghadapi virus. “Kita harus segera memberlakukan undang-undang ini nyawa diperaruhkan” ujar Ketua Komite Perwakilan DPR Nita Lowey. Sebuah sumber mengatakan kepada New York Times, parlemen negara itu berencana akan melakukan pemungutan suara untuk menyetujui rencana tersebut.

Kasus di Perancis naik menjadi 285 kasus

Perancis mengonfirmasi memiliki kasus sebanyak 285 kasus. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pelayanan Kesehatan Masyarakat Jerome Salomong. Angka ini naik sebanyak 73 dibandingkan hari sebelumnya. Iran tolak Bantuan AS Presiden Iran Hassan Rouhani menolak tawaran AS untuk membantu memerangi wabah virus corona. Tawaran tersebut datang setelah virus ini mempengaruhi hampir semua provinsi Iran dengan jumlah kematian mencapai 92 orang dan kasus mencapai 2.922. "Mereka yang telah merampas rakyat bahkan obat-obatan dan makanan melalui sanksi, yang telah melakukan hal-hal paling kejam ... mereka muncul dengan topeng simpati dan mengatakan bahwa kami ingin membantu bangsa Iran," kata Rouhani, sebagaimana dikutip dari Aljazeera. Presiden AS Donald Trump mengatakan, Amerika Serikat siap membantu jika Iran meminta bantuan.

Total kematian di AS 11 kasus

Melansir dari SCMP, dua orang meninggal akibat virus corona diumumkan Amerika Serikat pada Rabu (4/3/2020). Dengan demikian, kini jumlah korban meninggal di AS sebanyak 11. Kasus baru yang dikonfirmasi berada di sekitar New York dan Los Angeles.