Selasa , 16 Nov 2021 15:46:08
3 Negara Ini Risiko Tinggi Covid-19 versi CDC


Pusat Pencegahan Penyakit Menular (CDC) Amerika Serikat (AS) memasukkan tiga negara dan satu wilayah Eropa ke dalam kategori 4 atau kategori beresiko tinggi terkait Covid-19. Hal ini lantaran lonjakan kasus di negara-negara itu yang meningkat cukup pesat.

Mengutip CNN International, negara-negara itu adalah Islandia, Hongaria, dan Republik Ceko. Sementara itu, satu wilayah yang dimaksud adalah Guernsey. Seluruh negara itu bergabung dengan 70 negara kategori 4 seperti Belgia, Belanda, Singapura, Turki, dan Kepulauan Virgin.


CDC sendiri memasukkan sebuah negara ke kategori Level 4 karena sejumlah kriteria. Di antaranya telah memiliki 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir.

"Orang harus menghindari bepergian ke lokasi yang ditunjuk dengan pemberitahuan Level 4," tulis rekomendasi CDC dikutip Selasa (19/10/2021).

"Siapa pun yang harus bepergian harus divaksinasi lengkap terlebih dahulu."

Sementara itu, ada juga negara yang pindah ke kategori tiga yakni Bahama, Bolivia, dan Papua Nugini. Untuk Bahama dan Papua Nugini, ini merupakan penurunan dari yang sebelumnya masuk ke kategori 4. Untuk Bolivia, langkah tersebut menandakan peningkatan kasus dari yang sebelumnya terdaftar di Level 2.

Analis Medis CNN Dr. Leana Wen mengatakan bahwa ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan para pelancong di luar tingkat infeksi Covid-19 yang menonjol dalam pemberitahuan perjalanan CDC yakni tindakan pencegaha Covid di negara tujuan.

"Apakah Anda berencana untuk mengunjungi banyak atraksi dan pergi ke bar dalam ruangan? Itu sangat berbeda dari Anda pergi ke suatu tempat di mana Anda berencana untuk berbaring di pantai sepanjang hari dan tidak berinteraksi dengan orang lain," kata Wen.

"Yang terpenting, wisatawan harus divaksinasi," tambahnya.